NASA Pangkas Ratusan Akun Media Sosial demi Informasi Lebih Terfokus

NASA, lembaga antariksa terkemuka dunia, sedang melakukan perampingan besar-besaran pada jejak digitalnya. Pasalnya, mereka memiliki ratusan akun di berbagai platform media sosial, yang kini akan dikurangi secara signifikan untuk efisiensi dan penyampaian informasi yang lebih terarah.

Selama ini, NASA dikenal memiliki jumlah akun media sosial yang fantastis. Sekretaris Pers NASA, Bethany Stevens, mengungkapkan bahwa saat ini mereka mengoperasikan lebih dari 700 akun di 13 platform berbeda. Akun-akun ini tersebar di platform populer seperti X (sebelumnya Twitter), Instagram, Facebook, Bluesky, Threads, dan banyak lagi.

Meskipun jangkauannya luas, banyaknya akun ini menimbulkan tantangan dalam pengelolaan. Untuk mengatasi hal tersebut, NASA berencana menutup lebih dari 400 akun. “Kami akan mempertahankan lebih dari 300 akun agensi di 15 platform,” kata Stevens pada Kamis, 12 Juni. “NASA sedang mengonsolidasikan jejak media sosial kami agar lebih terarah sehingga memungkinkan kami memenuhi tanggung jawab untuk membagikan kisah NASA secara luas.”

Akun-akun Penting yang Tetap Aktif

Stevens juga merinci daftar akun yang akan tetap aktif setelah pengurangan. Beberapa akun yang dipastikan tidak akan dinonaktifkan antara lain:

  • NASA History
  • Women@NASA
  • NASA Aeronautics (NASA Aero)
  • NASA Technology
  • NASA Solar System
  • NASA Universe

Selain itu, akun-akun milik fasilitas NASA juga akan tetap beroperasi, seperti:

  • NASA Armstrong
  • NASA Glenn
  • NASA Goddard
  • NASA JPL (Jet Propulsion Laboratory)
  • NASA Johnson
  • NASA Kennedy
  • NASA Marshall

Stevens menambahkan, “Dengan memfokuskan kembali jejak kami, kami dapat lebih berhati-hati, efisien, dan terlibat (dalam berbagai peristiwa), yang memungkinkan kami untuk lebih baik dalam berbagi kisah NASA dengan dunia.”

Kriteria Penutupan Akun Media Sosial NASA

Akun-akun yang akan dinonaktifkan atau dihentikan adalah akun dengan konten serupa atau yang jangkauannya kurang efektif. Jika ada saluran yang lebih luas dan berhasil menjangkau lebih banyak audiens, akun dengan jangkauan yang lebih sedikit akan dihapus dari platform. Langkah ini diharapkan dapat membuat penyebaran informasi dan kisah-kisah menarik dari NASA menjadi lebih optimal dan terpusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *